Selasa, 08 Mei 2012

Perjalanan Panjang Mahasiswa Kedokteran

Saya ingin bercerita sedikit tentang lika-liku perjalanan menjadi seorang dokter.
Mungkin, ada yang sudah tahu, tapi banyak juga orang awam yang belum.
Jika Anda adalah golongan orang awam yang masih belum mengerti tentang lika-liku perjalanan yang harus ditempuh untuk menjadi seorang dokter, maka ada baiknya Anda harus membaca posting ini. Nah, untuk menjadi seorang dokter, Anda dituntut untuk mengikuti jenjang-jenjang berikut ini :

1. Kuliah Fakultas Kedokteran Umum
Bung, kalau Anda berpikir untuk menjadi dokter spesialis akan langsung menempuh kuliah kedokteran sesuai bidang spesialis yang Anda minati, maka Anda salah. Karena, kuliah kedokteran selalu dimulai dari tahap dokter umum. Ibaratnya, dokter umum itu sama dengan S1, sedangkan dokter spesialis sama dengan S2.
Tahap Kuliah di Kedokteran Umum ini ditempuh minimal 3,5 tahun. Setelah lulus, Anda akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Dalam tahap ini Anda akan dibekali dengan pengetahuan kedokteran secara umum. Anda belum menyentuh pasien sama sekali. Kecuali pada saat skill lab (pelatihan keterampilan skill dokter), Anda akan dilatih untuk menyentuh prototipe pasien (berupa boneka/manikin, atau teman Anda sendiri). Misal, saat skill lab ada pelatihan suntik, jadi Anda akan bergantian menyuntik teman Anda, dan Anda akan disuntik oleh teman Anda.

Setelah bergelar Sarjana Kedokteran, Anda masih belum boleh buka praktek. Karena, Anda sama sekali tidak bergelar dokter. Dan Anda sama sekali masih belum punya skill untuk menangani pasien secara langsung.
Anda boleh hanya berhenti sampai tahap S.Ked lalu melanjutkan S2. Tapi S2 yang Anda ambil hanya terbatas pada ilmu lain di luar kedokteran spesialis. Misal seperti S2 Kesehatan Masyarakat dan lainnya yang tidak berkenaan dengan spesialistik kedokteran (spesialis Anak, Obsgyn, dan lainnya).
Anda juga bisa melamar menjadi dosen pasca Sarjana Kedokteran. Jadi Anda tidak perlu melanjutkan Pendidikan Profesi untuk memperoleh gelar Dokter. Tapi, jaman sekarang, sangat sulit mencari pekerjaan menjadi dosen hanya dengan titel Sarjana Kedokteran. Ya, tapi itu kembali lagi kepada pilihan hidup Anda.

2. Pendidikan Profesi Dokter Umum (Koass)
Pada tahap ini, Anda akan melewati tahap terberat dari seluruh tahap pendidikan kedokteran.
Tahap ini dapat dilewati minimal 2 tahun (itu kalau Anda memiliki nasib yang beruntung, etika yang mutlak harus bagus, dan otak yang encer). Di tahap inilah Anda mulai memegang pasien secara langsung, dan Anda mutlak harus menerapkan ilmu kedokteran yang Anda dapat selama 3,5 tahun pada tahap S.Ked langsung kepada pasien.
Bisa dibayangkan jika dalam 3,5 tahun S.Ked Anda tidak serius belajar, maka saat Koass, Anda pasti keteteran. Maka jangan pernah menganggap remeh kuliah di kedokteran. Sekali Anda keteteran di tahap awal, maka di tahap berikutnya Anda pun akan terseok-seok. Kecuali, Anda bisa belajar dengan begitu gigih di tahap ini untuk memperbaiki kesalahan Anda di tahap S.Ked.
Perlu diketahui, di tahap Koass, yang paling diutamakan adalah Etika, Etika, dan Etika. Apabila Anda merasa diri Anda sudah cukup sopan, tapi belum tentu Anda dianggap sopan oleh para dokter senior yang membimbing Anda selama Koass. Itu artinya, sopan saja tidak cukup, tetapi Anda harus Sangat Sangat Sopan (S3).
Jangan pernah berpikir jika Anda ingin menjadi preman, bertindak seenaknya saat jadi mahasiswa kedokteran. Maaf, jika Anda berpikir demikian, Anda harus segera mengurungkan niat Anda untuk menjadi seorang dokter. Dapat saya pastikan, jika Anda sengak, eror, tidak beretika, meskipun Anda jenius seperti Einstein, Anda tidak akan pernah lulus menjadi seorang dokter. Sudah dapat saya pastikan Anda akan menjadi bulan-bulanan para dokter senior saat tahap Koass.
Kenapa Etika begitu penting dan di atas segala-galanya? Karena, kemampuan Anda berbuat S3 (Sangat Sangat Sopan) saat Koass dapat menjadi paramater bagaimana Anda bersikap saat menjadi dokter kelak. Jika saat koass saja Anda sudah tidak beretika, apalagi ketika Anda menjadi dokter dan menangani pasien Anda. Ingat, dokter itu adalah pekerjaan mulia, dan diperlukan orang yang berakhlak mulia pula dalam melakukan pekerjaan ini. Gak ada tuh yang namanya anak kedokteran rusuh, gondrong, rusak.

3. Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI)
Baik, jika Anda sudah berhasil melewati Koass (yang merupakan tahap tersulit), maka Anda harus mengikuti tahap berikutnya yaitu UKDI. Anda sudah UAN khan? UAN adalah ujian nasional untuk kelulusan SMA. Di Kedokteran pun mengenal hal demikian. Anda bisa mendapat gelar dokter, jika dan hanya jika Anda lulus UKDI.
Jangan Anda bayangkan UKDI itu semudah UAN. Maaf jika saya harus mengatakan bahwa UAN itu mudah. Karena memang pada kenyataannya UAN memiliki kualitas soal yang sangat dasar, yang sebetulnya alangkah malunya bangsa kita jika saat UAN pun harus mencontek. Baiklah kembali ke topik, yaitu UKDI.
Dapat saya pastikan, soal UKDI akan sangat teramat sulit. Dan dapat saya pastikan pula, setiap UKDI pasti ada mahasiswa kedokteran yang tidak lulus dan akhirnya tertunda untuk mendapat gelar dokter.
Itulah mengapa untuk masuk Fakultas Kedokteran Umum diperlukan standar yang tinggi. Gak sembarangan orang bisa masuk (kecuali Anda masuk lewat jalur jalur hitam yang sebetulnya akan merugikan diri Anda sendiri). Sebelum Anda masuk kedokteran, saya sarankan agar Anda membenahi diri. Jika Anda memang berniat kuat, maka belajarlah sungguh sungguh. Buatlah diri Anda memiliki standar yang memang pantas untuk masuk kedokteran. Masalahnya, jika Anda tidak memiliki standar yang pantas, dan Anda kebetulan saja (atau lewat jalur hitam) bisa masuk kedokteran, diri Anda sendiri yang akan rugi. Apakah Anda mau berlama lama kuliah di kedokteran sampai tua dan tidak lulus lulus? Saya peringatkan, kuliah di kedokteran itu BERAT, Bung.
Mungkin Anda bisa lolos di tahap S.Ked dan Koass. Tapi, tahap UKDI, belum tentu. Justru di tahap inilah penentu segalanya (seperti UAN saat SMA).
SIstem UKDI adalah : Anda akan menjawab soal lewat komputer. Setiap soal, memiliki cerita yang rata rata panjang, menggambarkan kasus yang diderita pasien. Ada 200 soal, dengan seluruh bidang yang pernah diajarkan di bangku kedokteran. (Terbayang kan, bagaimana materi 6 tahun, diujikan dalam 200 soal dengan durasi 200 menit).
Susah khan? Dan ditambah lagi, setiap soal itu merupakan soal analisa kasus. Yang sangat kompleks. Yang tidak bisa Anda jawab hanya dengan kemampuan menghafal. Tapi, jika selama tahap S.Ked dan Koass anda lalui dengan baik dan dengan giat, maka Anda tidak akan kesusahan melewati UKDI ini.
Untuk mengikuti tahap ini pun, banyak sekali mahasiswa kedokteran yang mengikuti Bimbingan Belajar. Dan itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ya begitulah, uang lagi, dan uang lagi.

4. Sumpah Dokter
Jika Anda dinyatakan lulus UKDI, maka Anda mengikuti Sumpah Dokter. Dengan prosesi Sumpah Dokter inilah maka Anda akan resmi bergelar Dokter Umum. Itu baru dokter umum, Bung. Sampai tahap ini pun Anda belum mendapat izin praktek. Masih ada tahap berikutnya yang harus Anda lalui agar Anda bisa praktek (baik di tempat pribadi maupun di klinik).

5. Internsip
Internsip dilalui selama 1 tahun. Terdiri dari 8 bulan Rumah Sakit, dan 4 bulan di Puskesmas.
Selama internship, Anda dituntut untuk menangani kasus dalam jumlah tertentu. Misal, Anda harus menangani 100 kasus diare dalam 1 tahun (dan kasus lainnya dengan jumlah yang berbeda beda), maka Anda akan dinyatakan lulus internship. Jika dalam 1 tahun Anda tidak mendapat 100 kasus diare, maka Anda tidak lulus Internship, dan harus memperpanjang Internship Anda sampai Anda memenuhi jumlah kasus yang seharusnya.
Perlu diingat, tahap internsip ini, Anda sudah menjadi Dokter. Bukan lagi Mahasiswa. Silakan dibaca lagi di aturan Permenkes. Jadi, Anda sudah tidak berada di bawah naungan universitas.
Setelah lulus Internship, alhamdulillah, artinya Anda sudah bisa membuka praktek. Tapi sebetulnya banyak surat2 yang harus diurus untuk membuka praktek ini, tapi tidak akan saya jelaskan disini, karena nanti Anda akan tahu sendiri setelah Anda kuliah di kedokteran.

6. Pegawai Tidak Tetap (PTT)
Tahap ini tidak wajib. Tapi, bagi Anda yang ingin mengambil program spesialis maka Anda sangat disarankan untuk melalui tahap ini. Biasanya PTT selalu diambil di daerah terpencil. Mengapa harus PTT di daerah terpencil?
Sebab, beberapa universitas besar seperti UI, UGM, sangat memprioritaskan dokter yang sudah punya pengalaman PTT untuk mengambil spesialis di almamater mereka. Jadi, jika Anda berniat mengambil program spesialistik, sebaiknya Anda harus PTT. Meskipun tidak mutlak, tapi dengan jalan inilah akan membuka peluang Anda untuk bisa mengambil pendidikan spesialis. Biasanya, PTT ini dilalui selama 1-2 tahun. Gaji-nya pun tergolong besar. Jika Anda mengambil di tempat terpencil, biasanya Anda akan menerima gaji pokok sebesar 3 juta dan tunjangan sebesar 4 juta (Total 7 juta per bulan).

7. Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)
Jika Anda sudah PTT dan ingin mengambil spesialis, maka segeralah persiapkan diri Anda untuk mengikuti PPDS. Setiap jurusan PPDS memiliki jangka waktu pendidikan yang berbeda beda. Tapi, untuk tahap PPDS ini sangat teramat banyak syarat mutlak yang harus Anda penuhi. Misal, TOEFL minimal 550, IPK minimal 3,0, dan lain lainnya.
Saya rasa, untuk tahap ini saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar. Karena, Anda akan tahu dengan sendirinya ketika Anda sudah menjadi bagian dari keluarga besar Fakultas Kedokteran.
Baiklah, sekian dulu.
Buat adik2 SMA yang masih bingung mau masuk mana, jika kamu memang ingin masuk kedokteran, maka pesan saya :

“Pikirkan matang2. Jika kamu hanya ingin kuliah kedokteran karena Gengsi, atau karena Materi, maka sebaiknya urungkan niatmu. Kuliah kedokteran itu susah dik, gak gampang. Butuh waktu 10 tahun lebih untuk bisa kuliah hingga menjadi dokter spesialis. Kuliah kedokteran dibutuhkan ketulusan hati. Selain dibutuhkan otak yang memnuhi standar, dibutuhkan pula keikhlasanmu. Kamu harus betul-betul ikhlas untuk menjadi seorang dokter. Bukan karena kamu ingin kaya. Jadilah dokter yang siap ditempatkan di manapun, ditempat sangat terpencil di ujung Indonesia sekalipun. Karena dokter, adalah pekerjaan mulia yang memang bertujuan untuk memperbaiki kesehatan bangsa. Kalau kamu mau jadi dokter tapi maunya kerja di kota saja, artinya kamu sudah menghianati ketulusan dari profesi dokter itu sendiri.”

32 komentar:

  1. terima kasih banyak kak atas postingannya yang menyeluruh dan mencerahkan :)
    alhamdulillah saya sdh dtrima di fk unpad tahun ini, dan sdg sngt membutuhkan bnyk referensi ttg khdupan prkuliahan kedokteran k dpnnya.
    postingan ini mmbuka mata saya untuk trus meluruskan niat....
    doakan ka, spy saya kelak bs mnjadi dokter yg berguna :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih yah kak atas informasinya di web ini.. sy sekarng jd bisa menbuka mind set sy kak.. mkasih yah kak. Gbu

    BalasHapus
  3. makasih kak atas pemberitahuannya

    BalasHapus
  4. Makasih dok atas semua pengalaman yang diberikan, yang secara tidak langsung membuka mata saya bahwa kalau ingin menjadi dokter itu tidak main-main. Semoga tahun depan lulus FK. :)

    BalasHapus
  5. Makasih banyak ya Kak atas referensinya. Alhamdullilah saya coba test FK Yarsi( FK Swasta) sebagai cadangan dan lolos. Tapi saya tetap mau negeri :). Makasih banget atas infonya, sangat membantu.

    BalasHapus
  6. makasih kak buat artikelnya.
    jadi bisa buat motivasi diri sendiri :D

    BalasHapus
  7. terima kasih mas untuk artikelnya ngasih gambaran mengenai tahapan yg harus dilalui seorang dokter yg dimulai dari mahasiswa.

    Barang kali ada yg perlu
    jasa translate jurnal kedokteran silakan bisa dibuka.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. endnote-crack-with-product-key
    could be your best, and the best device for dividers provides the origin for those students composing on particular topics. It is a tool that offers some kinds of papers to the solution. Some several men and women put it to use in such a.
    new crack

    BalasHapus
  10. I really enjoy reading your post about this Posting. This sort of clever work and coverage! Keep up the wonderful works guys, thanks for sharing Cubase Pro Crack

    BalasHapus
  11. It's a great site! Have you made any changes to your theme, or did you get it from any other source?
    With a few easy changes, a design like yours might be created.
    It definitely brings out the best in my blog.
    I'd want to know where you obtained your assignment from, if possible.
    app builder
    avs video converter crack license
    macbooster crack

    BalasHapus
  12. That is a very good tip especially to those new to thhe blogosphere.
    Brief but very precise info… Appreciate your sharing this one.
    A must read article!
    pdq deploy torrent
    corel painter crack
    cyberghost activation key
    webcammax cracked
    max recorder serial number
    Crack Like

    BalasHapus
  13. This is a great moment to think about the future and to be cheerful, because now is the best time.
    I've just finished reading it and wished to provide some suggestions for stuff you might be interested in.
    It's possible to write further articles based on this one.
    This intrigues me and I'd like to learn more!
    synchredible professional crack
    sound forge pro crack
    minitool partition wizard crack
    vlc media player crack

    BalasHapus

  14. I like your all post. You Have Done really good Work On This Site. Thank you For The Information You provided. It helps Me a lot. It Is Very Informative Thanks For Sharing. I have also Paid This sharing. I am ImPressed For With your Post Because This post is very beneficial for me and provides new knowledge to me. This is a cleverly
    written article. Good work with the hard work you have done I appreciate your work thanks for sharing it.
    It Is very Wounder Full Post.
    dvdfab crack
    dvdfab crack
    dvdfab crack
    dvdfab crack
    dvdfab crack

    BalasHapus

  15. I’ve been surfing on the web more than 3 hours today, yet I never found any stunning article like yours.
    It’s alluringly worth for me.
    As I would see it, if all web proprietors and bloggers made puzzling substance as you did.
    the net will be in a general sense more beneficial than at whatever point in late memory.

    wirecast pro crack
    steganos safe crack
    aiseesoft total media crack
    nch drawpad pro crack
    msi wrapper pro crack
    nch dreamplan crack

    BalasHapus
  16. I am very impressed with your post because this post is very beneficial for me and provide a new knowledge to me. this blog has detailed information, its much more to learn from your blog post.I would like to thank you for the effort you put into writing this page.
    I also hope that you will be able to check the same high-quality content later.Good work with the hard work you have done I appreciate your work thanks for sharing it. It Is very Wounder Full Post.This article is very helpful, I wondered about this amazing article.. This is very informative.
    “you are doing a great job, and give us up to dated information”.
    bitdefender-total-security-build-crack-3/
    ashampoo-winoptimizer-crack/
    cyberlink-powerdirector-crack/
    prism-video-converter-crack/
    videopad-video-editor-crack/
    startisback-crack/

    BalasHapus
  17. I like your blog, hopefully the better your posts are, so that I am more comfortable to come back next time. Touchcopy crack CINEMA 4D Crack

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...